YAYASAN KANISIUS CABANG YOGYAKARTA
MODUL KOMPUTER KELAS II SEMESTER I
SEKOLAH DASAR KANISIUS DUWET
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
I.
MENGENAL
PERANGKAT LUNAK PENGOLAH GAMBAR (TUXPAINT).
Uraian Materi
1.
Mengenal
Program TuxPaint.
Program
TuxPaint adalah program pengolah gambar/grafis dan mewarnai yang banyak
dipergunakan karena mempunyai banyak ikon efek yang variasi dibanding dengan
Paint. TuxPaint memiliki tampilan yang lebih menarik dibandingkan dengan
program Paint dan ikon yang dimiliki sangat variatif untuk membuat sebuah
gambar yang lebih menarik.
2.
Menjalankan
Program TuxPaint.
Ada 2 cara untuk menjalankan
TuxPaint, yaitu:
Cara pertama : START -
ALL PROGRAM – TUXPAINT - TUXPAINT
Cara
kedua : klik 2x ikon pada desktop
3. Mengenal tampilan dalam TuxPaint.
Tampilan
jendela TuxPaint
|
|
|
|
4. Mengenal tampilan dalam TuxPaint.
Jendela TuxPaint terdiri atas :
1. Tools, berisi ikon alat
yang digunakan.
2. Kotak
sub menu adalah kotak yang berada di sebelah kanan, merupakan tampilan dari
pilihan salah satu ikon pada Tools.
3. Kotak warna / COLOR BOX,
berisi kumpulan warna
Perlu Diingat
Program TuxPaint merupakan program pengolah gambar dan
mewarnai tetapi memiliki variasi efek yang lebih banyak dibanding dengan
program Paint.
Tampilan
TuxPaint sangat mudah diingat karena hanya ada Tools dan Sub menu pilihannya
pada sisi sebelah kanan.
II.
MENGGUNAKAN MENU IKON
PENGOLAH GAMBAR TUXPAINT.
Uraian Materi
A.
Mengenal
ikon-ikon pada Toolbox.
atau Paint :
membuat gambar bebas
atau Line :
membuat garis
Text :
membuat tulisan
Undo :
membatalkan perintah
atau Eraser :
menghapus gambar
atau Open :
membuka file yang disimpan
atau Print :
mencetak gambar
Stemple :
membuat stempel
Shape :
membuat macam-macam bentuk
Magic :
memberi warna, dan efek lainnya
Redo :
membatalkan perintah Undo
atau New :
membuat lembar baru
atau Save :
menyimpan gambar
atau Exit :
keluar dari TuxPaint
B.
Menggunakan
sub menu dari pilihan ikon pada Toolbox.
A.
Menggunakan
ikon-ikon program TuxPaint.
Untuk menggambar boneka salju
Gunakan
Tools BENTUK pilih sub menu LINGKARAN dan buatlah membentuk sebuah boneka salju
dan beri warna menggunakan MAGIC pilih FILL lalu pilih salah satu warna dan
klik pada objek gambar.
Untuk menggambar rumah
Gunakan
Tools BENTUK pilih sub menu LINE dan buatlah membentuk gambar atap dan gunakan BENTUK pilih sub menu KOTAK untuk
membuat dinding rumah. Setelah itu beri warna menggunakan MAGIC pilih FILL lalu
pilih salah satu warna dan klik pada objek gambar.
Untuk menggambar pemandangan
Gunakan
Tools GAMBAR pilih sub menu bulat hitam
kecil dan buatlah pohon, gunung, jalan, awan. Setelah itu beri warna
menggunakan MAGIC pilih FILL lalu pilih salah satu warna dan klik pada objek
gambar.
Untuk menggambar kartu natal
Gunakan
Tools BENTUK pilih sub menu LINE dan buatlah membentuk gambar pohon natal
gunakan BENTUK klik ikon KOTAK untuk membuat batang pohon. Gunakan ikon TEXT
untuk membuat tulisan selamat natal dan tahun baru Setelah itu beri warna
menggunakan MAGIC pilih FILL lalu pilih salah satu warna dan klik pada objek
gambar.
Perlu Diingat
Program TuxPaint dapat digunakan untuk mewarnai dan
membuat gambar sendiri.
Setiap ikon yang terdapat pada Tools memiliki sub menu
yang memiliki kegunaan masing-masing.
III.
BAGIAN-BAGIAN DARI TEKNOLOGI
INFORMASI YANG BERBAHAYA BAGI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
Kemajuan ilmu dan teknologi mampu
meningkatkan kesejahteraan hidup manusia dan disisi lain dapat berakibat buruk
terhadap hasil peradaban dan kebudayaan yang tercipta.
Dengan demikian menguasai teknologi (komputer) yang disinergikan
dengan internet menjadikan manusia dapat menguasai dunia.
Namun sebagai perangkat teknologi, komputer juga dapat menimbulkan
masalah kesehatan bagi penggunanya.
A. Komputer dan kesehatan
Di
satu sisi keberhasilan/kemajuan ilmu dan teknologi mampu meningkatkan
kesejahteraan hidup manusia, dan di sisi lain dapat berakibat buruk terhadap
hasil peradaban dan kebudayaan yang telah tercipta. Salah satu teknologi yang
dimaksud adalah komputer. Sebuah karya jenius howard aiken tahun 1944 dan
dikenal sebagai tipe harvard mark i computer / aikens digital komputer.
Komputer
sebagai produk dan sebagai teknologi memiliki keunggulan antara lain:
1. Mampu berakses dengan
cepat dan tepat,
2. Menghasilkan informasi
dari data yang lampau,
3. Mampu memproses data
menjadi informasi
4. Mampu menyimpan data
yang sangat banyak (sampai dengan giga byte),
5. Mampu melakukan importing
dan exporting data yang dirancang secara khusus.
Dengan
hadirnya karya teknologi ini proses-proses konvensional mulai ditinggalkan
masyarakat. Kecanggihan produk ini seakan tidak dapat disangkal mengingat seluruh
segmen kehidupan tersentuh oleh produk teknologi ini dari kegiatan memerah susu
sampai strategi perang. Produk ini mampu mengatasi hambatan ruang dan waktu
yang dihadapi oleh manusia. Dengan demikian guru bukan merupakan satu-satunya
sumber belajar bagi siswa. Komputer dan multimedia (1969 dan populer tahun
1992) seakan menjadikan dunia hanya sekepalan tangan. Filosofi yang menyatakan
siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia.
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), adalah
suatu aspek yang harus pertama kali menjadi perhatian setiap melakukan kegiatan
apapun, termasuk ketika berkerja dengan komputer. Penelitian telah
mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan gangguan
kesehatan bahkan keselamatan.
Oleh
karena itu, K3 merupakan aspek yang harus menjadi perhatian apabila bekerja
dengan komputer.
Penelitian
yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa pengguna komputer dapat menderita nyeri
kepala, nyeri otot, dan tulang terutama bahu, pergelangan tangan, leher,
punggung, dan pinggang bagian bawah. Selain itu, penggunaan komputer juag masih
dapat terserang penyakit lain seperti kesemutan, badan bengkak, anggota badan
kaku, sakit ginjal, mata merah, berair, nyeri, dan bahkan ganguan penglihatan.
Posisi
tubuh, posisi peralatan komputer, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan
sangat mempengaruhi kesehtan, keselamatan, dan kenyamanan saat berkerja dengan
komputer.
Dari
sisi keselamatan kerja, harus menyadari bahwa komputer yang digunakan
dihubungkan dengan listrik yang mempunyai tegangan tinggi. Maka dengan itu
harus berusaha mencegah terjadinya resiko tersengat listrik. Untuk itu harus
mengatur kabel-kabel listrik sedemikian rupa sehingga terhindar dari sengatan
listrik, juga harus memperhatiakn kabel-kabel dari kemungkinan terjadinya arus
pendek yang dapat menyebabkan kebakaran dan rusaknya peralatan komputer.
Beberapa
hal yang bisa dilakukan untuk terhindar resiko bekerja dengan komputer adalah
sebagai berikut:
1. Aturlah posisi tubuh
saat berkerja denagn komputer sehingga merasa aman.
2. Aturlah posisi perangkat
komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman.
3. Makan, minum dan
istirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan buang air kecil karena terlalu
asyik berkerja dengan komputer.
4. Sesekali gerakanlah
badan untuk megurangi ketegangan otot dan pikiran. Olah ragalah secara teratur.
5. Sesekali alihkan
pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata.
B. Mengatur posisi tubuh
Bahwa posisi tubuh saat berkerja denagn komputer sangat berpengaruh pada kesehatan. Dengan mengetahui posisi tubuh yang memenuhi syarat k3, maka dapat mengatur posisi komputer dan penunjang agar dapat memberikan rasa nyaman.
Bahwa posisi tubuh saat berkerja denagn komputer sangat berpengaruh pada kesehatan. Dengan mengetahui posisi tubuh yang memenuhi syarat k3, maka dapat mengatur posisi komputer dan penunjang agar dapat memberikan rasa nyaman.
1. Posisi kepala dan leher
pada saat berkerja
dengan komputer, posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap
langsung kelayar monitor.
Leher tidak boleh membungkuk atau mengadah karena hal ini dapat menyebabkan
sakit pada leher
2. Posisi punggung
Posisi punggung yang
baik saat menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak, tidak miring
ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke
belakang. Untuk mendapatkan posisi punggung yang baik, seharusnya ditunjang
dengan tempat duduk yang baik dan nyaman.
3. Posisi pundak
Posisi pundak yang baik
adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah.
Bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar.
4. Posisi lengan dan siku
Posisi lengan yang baik
adalah apabial dapat mengetik dan menggunakan mouse yang nyaman. Masing -
masing orang mempunyai posisi nyaman tersendiri. Posisi lengan yang baik adalah
bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih besar
dari 90 derajat.
5. Posisi kaki
Pada saat berkerja
dengan komputer, kaki harus dapat diletakan di lantai atau sandaran kaki dengan
seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut tidak kurang
dari 90 derajat.
IV.
BAGIAN-BAGIAN DARI TEKNOLOGI INFORMASI YANG BERBAHAYA BAGI
KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
A. Monitor
Monitor komputer pada
umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat memancarkan intensitas
cahaya cukup tinggi untuk diterima oleh mata manusia. Oleh karena itu, bagian
dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari
kerusakan.
Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
1. Letakkan monitor
sedemikian rupa diruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan cahaya dari
sumber cahaya lain.
2. Letakkanlah monitor
lebiih rendah dari garis hoizontal mata, agar tidak mengadah atau menunduk
3. Aturlah cahaya monitor
agar tidak terlalu terang dan gelap
4. Sering-seringlah
mengedipkan mata untuk menjaga mata tidak kering. Sesekali memandang jauh ke
luar ruangan.
B. CPU ( Central
Processing Unit )
Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyengat manusia.
Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyengat manusia.
1. Tangan yang basah baik
oleh air atau keringat tidak boleh langsung bersentuhan dengan CPU.
2.
Aliran listrik yang ada pada cpu dapat menimbulkan sengatan.
C. Kabel komputer
Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan hubungan singkat (korsleting). Hubungan singkat ini dapat mengakibatkan kebakaran.
Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan hubungan singkat (korsleting). Hubungan singkat ini dapat mengakibatkan kebakaran.
D. Keyboard
Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama. Hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan:
Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama. Hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan:
1. Keyboard hang /
rusak
2. Keyboard berlumut
kekuning-kuningn dan tidak indah
3. Hubungan singkat arus
listrik
gambar tidak terlihat
BalasHapus