Rabu, 15 Mei 2013

Modul TIK Kelas II Semester 1



YAYASAN KANISIUS CABANG YOGYAKARTA
MODUL KOMPUTER KELAS II SEMESTER I
SEKOLAH DASAR KANISIUS DUWET
TAHUN PELAJARAN 2012/2013


 
I.             MENGENAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH GAMBAR (TUXPAINT).

Uraian Materi
1.    Mengenal Program TuxPaint.
Program TuxPaint adalah program pengolah gambar/grafis dan mewarnai yang banyak dipergunakan karena mempunyai banyak ikon efek yang variasi dibanding dengan Paint. TuxPaint memiliki tampilan yang lebih menarik dibandingkan dengan program Paint dan ikon yang dimiliki sangat variatif untuk membuat sebuah gambar yang lebih menarik.

2.    Menjalankan Program TuxPaint.
Ada 2 cara untuk menjalankan TuxPaint, yaitu:
Cara pertama : START -  ALL PROGRAM – TUXPAINT - TUXPAINT
         
Cara kedua         : klik 2x ikon  pada desktop






3.    Mengenal tampilan dalam TuxPaint.
 Tampilan jendela TuxPaint







 


                                                                                                  
Kotak Sub menu
 
Kotak Tools
 
Kotak warna
 
KANVAS
 



4.    Mengenal tampilan dalam TuxPaint.
       Jendela TuxPaint terdiri atas  :
1.   Tools, berisi ikon alat yang digunakan.
2.   Kotak sub menu adalah kotak yang berada di sebelah kanan, merupakan tampilan dari pilihan salah satu ikon pada Tools.

3.  Kotak warna / COLOR BOX, berisi kumpulan warna
         


Perlu Diingat
Program TuxPaint merupakan program pengolah gambar dan mewarnai tetapi memiliki variasi efek yang lebih banyak dibanding dengan program Paint.
Tampilan TuxPaint sangat mudah diingat karena hanya ada Tools dan Sub menu pilihannya pada sisi sebelah kanan.

II.           MENGGUNAKAN MENU IKON  PENGOLAH GAMBAR TUXPAINT.

Uraian Materi
A.   Mengenal ikon-ikon pada Toolbox.
  atau Paint        : membuat gambar bebas
                                     
   atau Line         : membuat garis
                                     
   Text       : membuat tulisan
                                     
   Undo     : membatalkan perintah
                                     
   atau Eraser     : menghapus gambar
                                     
   atau Open       : membuka file yang disimpan
                                     
   atau Print        : mencetak gambar
                                     
   Stemple : membuat stempel
                                     
  Shape     : membuat macam-macam bentuk
                                     
   Magic    : memberi warna, dan efek lainnya
                                     
    Redo     : membatalkan perintah Undo

   atau New         : membuat lembar baru
                                     
   atau Save        : menyimpan gambar

    atau Exit         : keluar dari TuxPaint


B.   Menggunakan sub menu dari pilihan ikon pada Toolbox.
   
                      
                      
                      
                      
                      
                      
                      
                      
                      

                      


A.   Menggunakan ikon-ikon  program TuxPaint.
Untuk menggambar boneka salju
Gunakan Tools BENTUK pilih sub menu LINGKARAN dan buatlah membentuk sebuah boneka salju dan beri warna menggunakan MAGIC pilih FILL lalu pilih salah satu warna dan klik pada objek gambar.

Untuk menggambar rumah
Gunakan Tools BENTUK pilih sub menu LINE dan buatlah membentuk gambar atap  dan gunakan BENTUK pilih sub menu KOTAK untuk membuat dinding rumah. Setelah itu beri warna menggunakan MAGIC pilih FILL lalu pilih salah satu warna dan klik pada objek gambar.

Untuk menggambar pemandangan
Gunakan Tools GAMBAR  pilih sub menu bulat hitam kecil dan buatlah pohon, gunung, jalan, awan. Setelah itu beri warna menggunakan MAGIC pilih FILL lalu pilih salah satu warna dan klik pada objek gambar.

Untuk menggambar kartu natal
Gunakan Tools BENTUK pilih sub menu LINE dan buatlah membentuk gambar pohon natal gunakan BENTUK klik ikon KOTAK untuk membuat batang pohon. Gunakan ikon TEXT untuk membuat tulisan selamat natal dan tahun baru Setelah itu beri warna menggunakan MAGIC pilih FILL lalu pilih salah satu warna dan klik pada objek gambar.


Perlu Diingat
Program TuxPaint dapat digunakan untuk mewarnai dan membuat gambar sendiri.
Setiap ikon yang terdapat pada Tools memiliki sub menu yang memiliki kegunaan masing-masing.

III.          BAGIAN-BAGIAN DARI TEKNOLOGI INFORMASI YANG BERBAHAYA BAGI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

Kemajuan ilmu dan teknologi mampu meningkatkan kesejahteraan hidup manusia dan disisi lain dapat berakibat buruk terhadap hasil peradaban dan kebudayaan yang tercipta.

Dengan demikian menguasai teknologi (komputer) yang disinergikan dengan internet menjadikan manusia dapat menguasai dunia.
Namun sebagai perangkat teknologi, komputer juga dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi penggunanya.

A.  Komputer dan kesehatan
Di satu sisi keberhasilan/kemajuan ilmu dan teknologi mampu meningkatkan kesejahteraan hidup manusia, dan di sisi lain dapat berakibat buruk terhadap hasil peradaban dan kebudayaan yang telah tercipta. Salah satu teknologi yang dimaksud adalah komputer. Sebuah karya jenius howard aiken tahun 1944 dan dikenal sebagai tipe harvard mark i computer / aikens digital komputer.
Komputer sebagai produk dan sebagai teknologi memiliki keunggulan antara lain:
1.   Mampu berakses dengan cepat dan tepat,
2.   Menghasilkan informasi dari data yang lampau,
3.   Mampu memproses data menjadi informasi
4.   Mampu menyimpan data yang sangat banyak (sampai dengan giga byte),
5.   Mampu melakukan importing dan exporting data yang dirancang secara khusus.

Dengan hadirnya karya teknologi ini proses-proses konvensional mulai ditinggalkan masyarakat. Kecanggihan produk ini seakan tidak dapat disangkal mengingat seluruh segmen kehidupan tersentuh oleh produk teknologi ini dari kegiatan memerah susu sampai strategi perang. Produk ini mampu mengatasi hambatan ruang dan waktu yang dihadapi oleh manusia. Dengan demikian guru bukan merupakan satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Komputer dan multimedia (1969 dan populer tahun 1992) seakan menjadikan dunia hanya sekepalan tangan. Filosofi yang menyatakan siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), adalah suatu aspek yang harus pertama kali menjadi perhatian setiap melakukan kegiatan apapun, termasuk ketika berkerja dengan komputer. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan keselamatan.
Oleh karena itu, K3 merupakan aspek yang harus menjadi perhatian apabila bekerja dengan komputer.
Penelitian yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa pengguna komputer dapat menderita nyeri kepala, nyeri otot, dan tulang terutama bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, dan pinggang bagian bawah. Selain itu, penggunaan komputer juag masih dapat terserang penyakit lain seperti kesemutan, badan bengkak, anggota badan kaku, sakit ginjal, mata merah, berair, nyeri, dan bahkan ganguan penglihatan.
Posisi tubuh, posisi peralatan komputer, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan sangat mempengaruhi kesehtan, keselamatan, dan kenyamanan saat berkerja dengan komputer.
Dari sisi keselamatan kerja, harus menyadari bahwa komputer yang digunakan dihubungkan dengan listrik yang mempunyai tegangan tinggi. Maka dengan itu harus berusaha mencegah terjadinya resiko tersengat listrik. Untuk itu harus mengatur kabel-kabel listrik sedemikian rupa sehingga terhindar dari sengatan listrik, juga harus memperhatiakn kabel-kabel dari kemungkinan terjadinya arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran dan rusaknya peralatan komputer.
Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terhindar resiko bekerja dengan komputer adalah sebagai berikut:
1.   Aturlah posisi tubuh saat berkerja denagn komputer sehingga merasa aman.
2.   Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman.
3.   Makan, minum dan istirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan buang air kecil karena terlalu asyik berkerja dengan komputer.
4.   Sesekali gerakanlah badan untuk megurangi ketegangan otot dan pikiran. Olah ragalah secara teratur.
5.   Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata.

B.  Mengatur posisi tubuh
Bahwa posisi tubuh saat berkerja denagn komputer sangat berpengaruh pada kesehatan. Dengan mengetahui posisi tubuh yang memenuhi syarat k3, maka dapat mengatur posisi komputer dan penunjang agar dapat memberikan rasa nyaman.
1.   Posisi kepala dan leher
pada saat berkerja dengan komputer, posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap
langsung kelayar monitor. Leher tidak boleh membungkuk atau mengadah karena hal ini dapat menyebabkan sakit pada leher
2.   Posisi punggung
Posisi punggung yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang. Untuk mendapatkan posisi punggung yang baik, seharusnya ditunjang dengan tempat duduk yang baik dan nyaman.
3.   Posisi pundak
Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar.
4.   Posisi lengan dan siku
Posisi lengan yang baik adalah apabial dapat mengetik dan menggunakan mouse yang nyaman. Masing - masing orang mempunyai posisi nyaman tersendiri. Posisi lengan yang baik adalah bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat.
5.   Posisi kaki
Pada saat berkerja dengan komputer, kaki harus dapat diletakan di lantai atau sandaran kaki dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.

IV.         BAGIAN-BAGIAN DARI TEKNOLOGI INFORMASI YANG BERBAHAYA BAGI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
A.  Monitor
Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat memancarkan intensitas cahaya cukup tinggi untuk diterima oleh mata manusia. Oleh karena itu, bagian dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari kerusakan.
Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
1.   Letakkan monitor sedemikian rupa diruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain.
2.   Letakkanlah monitor lebiih rendah dari garis hoizontal mata, agar tidak mengadah atau menunduk
3.   Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan gelap
4.   Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga mata tidak kering. Sesekali memandang jauh ke luar ruangan.
B.  CPU ( Central Processing Unit )
Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyengat manusia.
1.   Tangan yang basah baik oleh air atau keringat tidak boleh langsung bersentuhan dengan CPU.
2.   Aliran listrik yang ada pada cpu dapat menimbulkan sengatan.
C.  Kabel komputer
Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan hubungan singkat (korsleting). Hubungan singkat ini dapat mengakibatkan kebakaran.
D.  Keyboard
Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama. Hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan:
1.   Keyboard hang / rusak
2.   Keyboard berlumut kekuning-kuningn dan tidak indah
3.   Hubungan singkat arus listrik

1 komentar: